Ayo, Kurangi Sampah Rumah Kita..!

04/02/2011

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarokatuh,

Hanya sekedar ingin berbagi cerita, semoga bisa bermanfaat…:)

Setiap hari saya berbelanja di abang tukang sayur, saya selalu menerima dua kantong plastik,untuk ikan basah/ayam/daging, satu kantong lg untuk sayur atau bumbu dapur. Jd dalam satu bulan ada 60 sampah kantong plastik yg saya hasilkan. Krn walau saya menyimpan kantong plastik bersih, ujung2nya saya menggunakannya untuk alas tempat sampah. Belum lagi plastik hasil belanja di supermarket, bungkus shampoo, sabun, air mineral, gabus,dan masih banyak lainnya. Benar2 banyak sampah plastik yg saya hasilkan tiap hari. Itu baru rumah saya, belum rumah2 lainnya..

Spt yg kita tau,sampah plastik tdk terdegradasi oleh bakteri,jadi tidak akan hancur walau dipendam ratusan bahkan ribuan tahun. Apalagi dr yg saya baca, jika dibakar, plastik akan mengeluarkan asap toksik,yg jika dihirup dpt menyebabkan gangguan kesuburan,kerusakan kromosom -yg dapat mengakibatkan bayi lahir cacat-.
Dan jika semakin banyak sampah plastik di dalam bumi kita,bukan tdk mungkin air sulit meresap..

Kita tentu prihatin,karena ini menyangkut kelangsungan bumi yg akan dihuni anak cucu kita kelak. Tapi, tentu prihatin saja tidak cukup bukan??

Mulai saat ini mari kita mencoba untuk mengurangi produksi sampah rumah kita.
Caranya? Cukup mudah..(Saya membaca dari tulisan teman saya dan kami mulai mencoba mempraktekkannya)

Pisahkan sampah rumah kita mjd 3 bagian:
1. Sampah daun
2. Sampah bekas makanan
3. Sampah barang

->untuk sampah bekas makanan basi,spt: tulang,nasi sisa,dll, kita masukkan ke lubang biopori. ( Apa dan bagaimana cara membuatnya, silahkan tanya Pak Google atau cari bukunya di toko). Atau, bisa meminjam buku dan cd nya ke suami🙂
->untuk sampah barang, tanyakan pada tukang sampah kita, kira2 barang bekas yg spt apa yg bs dia jual lagi (biasanya:kardus,kaleng,botol,dll). Pisahkan barang2 tsb untuk dia, dia akan senang,dan sampah kitapun berkurang.
->untuk sampah daun,spt sisa potongan sayur,kulit buah,sisa potongan rumput,ranting,dll, kita bisa membuat komposter sendiri (cara membuatnya silahkan tanya Mr. Google)
komposter ini bs mengurangi sampah daun hingga 25:1 !!

Jadi, kita tidak perlu sering2 membuang sampah pakai PLASTIK kan??

Dan mulai sekarang mari kita biasakan gerakan BYOG : Bring Your Own Bag- jd sampah plastik tdk akan bertambah lagi. Atau kalu cm beli barang satu item,ga perlu plastik lah..:)

Sekecil apapun usaha kita saat ini, akan sangat bermanfaat untuk masa depan anak cucu kita nanti.

“Let’s save our earth, Let’s save our Green residence :)”

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

Annisa (Bu Arif)- F5

Leave a Reply

