7 ALASAN UNTUK MEMULAI BERSEPEDA

04/02/2011

Ke mana pun Anda pergi,… di sekeliling kita makin banyak saja orang yang naik sepeda berkeliling kota. Entah itu untuk alasan hanya sekadar olahraga…, atau sengaja bersepeda ke kantor. Bersepeda tak hanya merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan, tapi juga merupakan olahraga yang efektif.

Ini alasannya,….kenapa anda harus mulai bersepeda,…
1.Membakar Kalori
Seorang   wanita yang berat tubuhnya sekitar 60 kg jika mengayuh dengan
kecepatan  22 km/jam bisa membakar sekitar 488 kalori dalam waktu 60  menit.

2.Bisa Dilakukan Sambil Beraktivitas Lain
Jika   tempat tinggal Anda berjarak 8 km dari kantor, dan Anda naik sepeda
menuju kantor, setidaknya Anda sudah berolahraga selama 20 menit. Jika   Anda
tinggal dekat dengan kantor, Anda bisa mengayuh sepeda dua kali   seminggu dan
membakar sekitar 3.000 kalori ekstra dalam tubuh, sekitar   setengah kilo dalam
sebulan.

3.Membentuk Otot
Biasanya,   para pengayuh sepeda memiliki kaki yang kencang. Bagian otot-otot
kaki   akan bekerja semua untuk membantu mengayuh.Selain kaki, tubuh bagian
atas, karena menggenggam kuat besi pengendali juga akan terbentuk dengan
sendirinya.

4.Mendorong Energi
Sebuah studi   yang dipublikasikan di jurnal Psychotherapy and Psychosomatics
menemukan  bahwa bersepeda menaikkan level energi sebanyak 20 persen dan
mengurangi kelelahan hingga 65 persen. Mengapa? Karena bersepeda  memicu  otak
untuk mengeluarkan neurotransmitter dopamine, yang  berhubungan  dengan energi.
Tak perlu menggenjot sepeda dengan penuh  tenaga. Para  relawan yang mengayuh
dengan kecepatan rendah tapi rutin  (setidaknya 3  kali seminggu) bisa memerangi
kelelahan.

5.Aman untuk Sendi
Berlari banyak menekan lutut, pergelangan kaki, dan tulang belakang ketimbang
berjalan kaki atau bersepeda. Agar aman bersepeda, pastikan bahwa lutut   Anda
hanya tertekuk sedikit (sekitar 25 derajat) setiap kali mengayuh.   Jika kaki
terlalu lurus atau terlalu tertekuk, coba atur kembali letak   tempat duduk
Anda.

6.Setiap Otot Merasakan Manfaatnya
Coba   cari bukit kecil yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk didaki
dengan sepeda. Lewati bukit itu setidaknya 2-3 kali, dengan posisi  kayuh
sambil berdiri. Mengayuh dengan posisi berdiri akan melatih otot  bagian  tengah
tubuh dan trisep.

7.Melindungi Jantung
Penyakit   jantung merupakan salah satu pembunuh wanita yang paling terutama.
Dalam sebuah studi, para peneliti meminta 32 responden wanita untuk
mengendarai sepeda setidaknya setengah jam sehari, tiga kali seminggu.   Setelah
setahun, diketahui bahwa tekanan darah para wanita ini menurun,   begitu pula
dengan angka kolesterol, dan secara signifikan meningkatkan   kebugaran mereka.
Carilah lokasi bersepeda yang bisa ditempuh dalam   waktu 30 menit tanpa
berhenti, sehingga Anda bisa mempertahankan   kecepatan yang konsisten.

(SUMBER : KOMPAS)

Jadi,…ayo mulai bersepeda,…

Salam,
Bravo1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: