HUT Ke-12 Kota Depok

28/04/2011

Rangkain kegiatan telah dilakukan dalam memperingati hari jadi Kota Depok, kini bertempat di lapangan upacara Balaikota Depok, puncak acara digelar pada Rabu (27/4) pagi. Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il menjadi Inspektur upacara dalam rangka memperingati HUT ke-12 Kota Depok yang jatuh pada 27 April. Hadir dalam upacara Wakil Walikota Depok KH> M Idris Abdul Somad, Ketua DPRD Depok Rintis Yanto beserta jajarannya,  Walikota/ Bupati Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Tanggerang Selatan, Kota Jakarta Selatan, para Mantan Walikota dan Wakil Walikota Depok, Muspida Kota Depok, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD Se-Kota Depok beserta jajaran, para Pejabat Sipil, TNI dan POLRI, para Sesepuh, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Tokoh Wanita dan Tokoh Pemuda Kota Depok, serta Segenap Masyarakat Kota Depok.

Awali sambutan, Walikota berterima kasih kepada para pendahulu, sesepuh maupun seluruh pemimpin Kota Depok yang telah merintis, membangun, dan mengabdikan diri bagi pembangunan Kota Depok sehingga kemajuannya dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Depok saat ini. “Diawal pemerintah Republik Indonesia Wilayah Depok baru berupa beberapa kecamatan yang merupakan bagian dari Kawedanan Parung. Pada era 80-an, tepatnya tahun 1981, tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pancoran Mas, Sukmajaya dan Beji ditetapkan sebagai Kota Administratif (Kotif). Seiring dengan pertumbuhan masyarakat dan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat, Pemerintah Pusat membentuk Kota Depok pada tanggal 20 April 1999 berdasarkan UU No. 15 Tahun 1999, dan diresmikan pada 27 April 1999” papar Walikota.

“Diusianya yang beranjak dewasa, Kota Depok memiliki RPJMD sebagai tekad bersama untuk memantapkan diri sebagai kota yang makin maju dalam hal pelayanan publik dan semakin mensejahterakan masyarakat di Kota Depok. Arahan pembangunan Kota Depok dalam RPJMD Tahap II meliputi peningkatan pelayanan di atas standar SPM, pengembangan kompetensi SDM, pengembangan produk dan jasa unggulan, serta pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur sektor nantinya mampu menjawab isu-isu pembangunan dan pemerintahan” ungkap Inspektur upacara. Selama 12 tahun di era otonomi daerah, Depok telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat, terbukti dengan semakin bertambahnya fisik prasarana kota, lokasi-lokasi pengembangan ekonomi, maupun tempat-tempat sosial kemasyarakatan.

Berbagai indikator juga meningkat seperti IPM naik dari 77,97 menjadi 78,90, angka harapan hidup naik dari 73,03 menjadi 73,11, LPE relatif stabil pada kisaran angka 6 hingga 7 %, PAD naik dari sekitar Rp 68 milyar menjadi Rp 128 milyar, dan Indeks Kepuasan Masyarakat dengan katagori baik, naik dari 71,17 menjadi 79,30. Kota Belimbing ini telah mengukir banyak prestasi, seperti  penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, Penghargaan & Piala Citra Pelayanan Prima Tingkat Nasional dari Wakil Presiden RI Boediono di Istana Wakil Presiden RI, Peringkat III Perolehan PBB se-Jawa Barat, Peringkat I Perolehan PAD se-Jawa Barat, meraih emas dalam Olimpiade Sains Internasional tingkat SMP di Nigeria, mearih perak dalam Olimpiade Komputer Internasional di Kanada dan masih banyak lagi. Kota Depok juga berusaha untuk mengikuti laju perkembangan teknologi dengan membuat layanan infrastuktur dan koneksi internet dalam PSB online, LPSE, Jaringan SIAK dan Mobil KTP  Keliling. Dibidang sosial, Kota Depok adalah satu-satunya Kota yang memberikan santunan kematian sebesar Rp. 2.000.000,-. Pemimpin Kota Depok juga berusaha untuk membangun SMAN/SMKN di tiap kecamatan dan memberikan beasiswa bagi 100 siswa berprestasi ke perguruan tinggi negeri agar Kota Depok memiliki generasi yang tangguh dan unggaul.

HUT kali ini juga merupkan peringatan hari Otonomi Daerah Tahun 2011. Kita sebagai warga bangsa dan warga kota harus terus memacu kinerja penyelenggaraan pemerintahan, baik dari sisi kemampuan daerah maupun pelaksanaan urusan wajib dan pilihan pemerintahan, sehingga kita bisa setara dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Kita juga memperingati Hari Malaria Sedunia pada tanggal 25 April yang lalu. “Mari kita tumbuhkan dan tanamkan semangat melayani, kerjasama & harmonis dengan berbagai pihak, menjunjung tinggi kejujuran, kerja keras, dan semangat untuk selalu memberikan kebaikan, kesopanan dan kerendah hati. Dengan berbagai semangat yang luar biasa tersebut, kita pacu lagi kontribusi kita dalam membangun Kota Depok, sesuai dengan tema Dengan Hari Ulang Tahun ke 12 Kota Depok, Kita Tingkatkan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Menuju Kota Depok yang Mandiri, Nyaman, Maju dan Sejahtera” tutup Walikota.

http://www.depok.go.id/27/04/2011/02-press-release/hut-ke-12-kota-depok

KEPALA BAGIAN
HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: